KPUD Berikan Pendampingan Pemilu Ketua OSIM MAN 2 Bukittinggi

Bukittinggi, Humas. Komisi Pemilihan Umum Kota Bukittinggi melalui ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Kota Bukittinggi, Yasrul melakukan sosialisasi tata cara pemilihan umum khususnya terkait persiapan pemilihan Ketua OSIM MAN 2 Bukittinggi periode tahun 2023. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan bertempat di lapangan MAN 2 Bukittinggi, Jumat (21/10/22) diikuti oleh seluruh siswa MAN 2 Bukittinggi .

Pada kesempatan tersebut ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Kota Bukittinggi, Yasrul menyampaikan betapa pentingnya partisipasi warga negara dalam pemilihan umum. “Pendidikan politik harus dimulai dari bangku pendidikan, sehingga kedepannya siswa MAN 2 Bukittinggi menjadi warga negara yang sadar akan hak dan kewajiban politik. Siswa MAN 2 Bukittinggi sebagai warga negara Indonesia yang membangun demokrasi di negara ini, sudah seharusnya ikut menyukseskan pemilihan umum atau pesta demokrasi sekali lima tahunan. Seluruh warga negara Indonesia dilibatkan langsung dalam memilih pemimpin- pemimpin negara ini,” tuturnya.

Selanjutnya Yasrul mengatakan pada pemilu 2024 akan dilaksanakan pemilu caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Presiden/ wakil presiden. Partisipasi kita dalam pemilu menentukan nasib negara ini kedepannya, negara telah mengeluarkan dana Rp7,86 triliun kepada KPU dan sebesar Rp6,06 triliun kepada Bawaslu RI untuk penyelenggaraan Pemilu 2024. “Kita harus ikut menyukseskan pemilu negara ini karena dana yang dikeluarkan untuk pesta demokrasi tersebut tidaklah sedikit, melalui pemilu yang luber dan jurdil diharapkan akan menghadirkan pemimpin yang amanah dan sesuai dengan harapan kita semua’’. Pesan Yasrul.

Setelah sosialisasi di lapangan , Ketua Divisi Teknis KPUD kota Bukittinggi Yasrul beserta staff melanjutkan kegiatan teknis tata cara pemilihan ketua OSIM MAN 2 Bukittinggi dihadiri oleh Wakil Kepala bidang Kesiswaan, guru PPKn , pembina OSIM beserta ketua OSIM dan pengurus OSIM di ruang pertemuan wakil kepala MAN 2 Bukittinggi.

Pada pertemuan tersebut Yasrul yang didampingi staff juga menyampaikan kesedian KPUD kota Bukittinggi untuk mendampingi pemilihan ketua OSIM MAN 2 Bukittinggi yang akan dilaksanakan November 2022 mendatang. “Semoga melalui pemilu langsung ketua OSIM diharapkan siswa mendapatkan pendidikan politik di lingkungan sekolah. Sehingga kedepannya siswa sudah terbiasa berpartisipasi dalam menyalurkan hak suaranya,” tuturnya lagi.

Kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri.J, menyambut baik pendampingan yang dilakukan KPUD kota Bukittinggi dalam pemilihan ketua OSIM MAN 2 Bukittinggi.

“Melalui pendampingan dari KPUD tersebut diharapkan para siswa mendapatkan ilmu langsung terkait tata cara pemilu di lingkungan madrasah. Pendidikan politik yang dilakukan KPUD Kota Bukittinggi diharapkan dapat meningkatkan partisipasi politik siswa kita dalam berdemokrasi. Madrasah merupakan salah satu lingkungan yang diharapkan dapat memberikan wawasan politik kepada siswa, sehingga akan terbentuk siswa yang memiliki keterikatan rasa yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan negara Indonesia. Melalui pemilu ketua OSIM yang akan diikuti MAN 2 Bukittinggi November mendatang siswa kita akan merasakan euforia pesta demokrasi di lingkungan madrasah’’. Ujar Amri.J.(Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *