Siswa MAN 1 Kota Bukittinggi, Rahma Arifah Wakili Sumbar Dalam KOMPAC Bahasa Arab Tingkat Nasional

Bukitinggi, Humas–Rahma Arifah, siswa kelas XII PK MAN 1 Kota Bukittinggi mewakil Sumatera Barat dalam Kompetisi Pelajar Alef Education ( KOMPAC ) Bahasa Arab tingkat Nasional setelah berhasil meraih Juara 1 dalam KOMPAC Mata Pelajaran Bahasa Arab yang diselenggarakan kerjasama antara Kementerian Agama RI dengan Alef Education Abu Dhabi – UEA.

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam sebelumnya menghimbau seluruh guru dan siswa Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah agar ikut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

KOMPAC adalah sebuah kompetisi tingkat nasional untuk para pelajar MTs dan MA se Indonesia pada bidang yang dilombakan, yaitu Matematika ( Kelas 7 dan 8 MTs ) serta Bidang Bahasa Arab ( Kelas 7 – 9 MTs dan Kelas 10 – 12 MA ).

Peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi yang mengikuti Kompetisi Bahasa Arab ini, berjumlah 10 orang. Dalam proses pendaftaran, guru pembimbing harus mendaftarkan akun pendaftaran. Setelah itu peserta didik yang akan mengikuti baru bisa membuat akunnya masing-masing.

Sebelum pendaftaran, peserta harus menyelesaikan beberapa tahap, yaitu siswa harus mencantumkan kartu pelajaran pada platform Alef Education, setelah itu siswa diminta mengikuti Instagram akun Alef dan barulah siswa di tahap selanjutnya bisa mendaftar dan terdaftar di akun Alef.

Dari 10 orang siswa yang mengikuti kompetisi Bahasa Arab ini, Alhamdulillah Rahma Arifah siswa kelas XII PK meraih juara 1 dalam kompetisi mata pelajaran bahasa Arab dan berhak melaju ke babak Final tingkat Nasional.

“Kegiatan Kompetisi Pelajar Alef Education ( KOMPAC ) Bahasa Arab tingkat Nasional diselenggarakan dengan dua tahap. Untuk tahap penyisihan dilaksanakan pada 19 Oktober 2022, yang lalu dan tahap final akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2022 mendatang,” ungkap Meri Hayati, guru pembimbing Bahasa Arab MAN 1 Kota Bukittinggi Senin, (24/10/2022).

Meri Hayati dan Feri Hendra guru pembimbing Bahasa Arab MAN 1 Kota Bukittinggi merasa senang dengan prestasi ini. “Ini adalah berkat Doa dan Ikhtiar dari Rahma yang sangat tekun mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi ini. Dan ini juga merupakan Do’a dan suport dari seluruh guru-guru MAN 1 Kota Bukittinggi. Namun ini adalah baru babak penyisihan, masih butuh perjuangan yang lebih serius lagi dibabak selanjutnya. Semoga usaha Rahma dimudahkan Allah dan MAN 1 Kota Bukittinggi bisa menjadi yang terbaik,” tuturnya.

Ditempat yang berbeda, Irsyad, Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi mengungkapkan sangat senang dan bangga dengan prestasi ini. “Prestasi ini membuktikan bahwa kalau bersungguh-sungguh, Insya Allah kita bisa meraihnya, kepada Rahma dan guru pembimbing, selamat berjuang ditingkat Nasional dan semoga meraih Juara”, tuturnya. (YR,AT-Humas/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *