Kunjungan Ahli Waris Darmiwati, Kakan Kemenag Serahkan Sertifikat dan Barang-barang Milik Almarhumah

Bukittinggi, Humas–Rabu 02 Agustus 2023, Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi didampingi Kasubbag Tata Usaha, Hj. Tri Andriani Djusair dan Pelaksana Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Yuni Yelfia dan Arik Krisnawati bersama Ketua Rombongan, Ismail Djohar, Ketua Regu dan perwakilan KBIH Birugo bersilaturahmi sekaligus menyerahkan sertifikat dan barang-barang peninggalan salah seorang Jama’ah Haji Kota Bukittinggi, Darmiwati yang meninggal saat menunaikan rangkaian ibadah di tanah suci beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menyampaikan bahwa ibuk Darmiwati di panggil oleh Allah SWT setelah melaksanakan puncak ibadah haji. “Semoga beliau memperoleh haji yang mabrur dan keluarga yang di tinggal hendaknya diberi kesabaran serta selalu mendoakan almarhumah. Do’a anak yang shalehah akan selalu mengalir kepada almarhumah. Atas nama kepala Kantor Kementerian Agama kota Bukittinggi beserta jajaran kami mohon maaf jika ada salah atau layanan kami yang kurang, sebab almarhumah adalah jemaah haji tunda tahun 2020. Disamping itu kami serahkan sertifikat haji dari maskapai Garuda dan Certifikat Of Death ( COD ) dari RM An Noor Makkah,” tuturnya.

Selanjutnya kata Kakan Kemenag ini “kita di takdirkan dan bertemu dan bersilaturahmi dalam suasana duka. Kami selalu memantau dan update informasi terkait keadaan Jama’ah Haji Kota Bukittinggi. Dari informasi yang didapat, justru bukan almarhumah yang kami kawatirkan kesehatannya. Ketika mendengar kabar duka terkait almarhumah kami kaget. Meninggalnya beliau di tanah suci merupakan sudah menjadi kehendak Allah SWT akan janjian hidup yang di lalui. Selain itu kita turut bangga atas kekompakan dan kerjasama jama’ah haji Kota Bukittinggi sehingga sukses dalam melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik. Mudah-mudahan memperoleh Haji Mabrur, terkhusus untuk almarhumah insyaAllah bisa menjadi ahli Surga. Mari kita sabar dan Ikhlas menerima ketetapan Allah SWT ini,” jelasnya.

Terakhir H. Eri Iswandi mengatakan dalam Standar Operasional Pelayanan Penyelenggaraan Haji jika ada Jama’ah meninggal diarab Saudi semua barang bawaan akan menjadi tanggung jawab ketua Kloter. “Alhamdulillah semua barang yang di tinggal almarhumah tersebut tidak hanya menjadi beban tanggung jawab Ketua Kloter saja tapi menjadi beban semua anggota Kloter 15. Barang peninggalan almarhumah ada berupa uang riyal dan rupiah dan barang-barang lainnya bersama Koper dan tas jenjengan sekarang kami serahkan kepada Ahli Waris. Karena beliau meninggal saat melaksanakan ibadah haji beliau di tanggung akan ditanggung asuransi,” jelas kakan Kemenag ini lagi.

Sementara itu Ketua rombongan, H. Ismail Djohar mewakili Jama’ah menyampaikan pengalaman bersama almarhumah di tanah suci. “Selama di tanah suci hingga puncak haji alhamdulillah kondisi beliau dalam baik-baik saja, namun setelah pulang dari mina kesehatan beliau menurun dan dirawat. Dari penuturan dokter kloter yang ikut memeriksa keadaan almarhumah dikatakan bahwa sakit beliau tidak karena penyakit bawaan seperti dalam riwayat kesehatan beliau, semuanya normal, tetapi memang takdirnya beliau meninggal di tanah suci. Cita-cita kebanyakan orang termasuk saya bisa meninggal ditanah suci, namun beliau yang di takdir Allah SWT,” katanya menjelaskan keadaan almarhumah.

Ketua rombongan ini juga menyampaikan terima kasih kepada Kakan Kemenag beserta jajaran yang telah memberikan layanan terbaik mulai dari manasik hingga selesai melaksanakan ibadah haji.

Sementara itu Wati, ahli waris almarhumah Darmiwati, menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Agama dan KBIH Birugo yang telah mendampingi dan melayani almarhumah. “Kami mohon maaf apabila ada kesalahan kekhilafan orang tua kami selama berinteraksi dengan bapak/ibuk. Mudah-mudahan beliau Husnul Khatimah,” tuturnya berlinang air mata. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *