Sang Peduli Disabilitas Masuk Nominasi Penyuluh Agama Islam Award Tingkat Nasional

Bukittinggi, Humas–Rusman Edi yang di kenal dengan Penyuluh Agama Islam yang peduli dan penyantun Disabilitas masuk nominasi Penyuluh Award Tingkat Nasional tahun 2023. Hal ini setelah melalui beberapa tahap seleksi di mulai tingkat kecamatan, kota dan provinsi hingga masuk nominasi ke ajang Pemilihan Penyuluh Award Tingkat Nasional.

Rusman Edi pada Humas menuturkan “Berawal dari sebuah pemahamannya terhadap tugas kepenyuluhannya. Ternyata lahir ide dan konsep cemerlang dalam dirinya. Kalau anak anak normal pada umumnya ada banyak yang memperhatikannya. Nah, bagi anak yang punya keterbatasan ini siapa yang akan merangkulnya untuk di berikan informasi informasi keagamaan.? Dasar itulah yang membuat kami terjun dan serius menekuni memaksimalkan perhatian dan pikirannya serta tenaganya untuk anak Disabilitas ” tuturnya.

Dari perjalanan ia menekuni memberikan bimbingannya kepada anak spesial tersebut Rusman Edi menuangkannya kedalam buku karya Perdananya dalam bentuk Karya buku Memoarnya dengan judul: Panggilan Cinta Penyandang Disabilitas.

Dalam buku itu di paparkan Lika liku yang di lalui. Setelah mengkonsentrasikan diri pada komunitas Tuli, Buta dan Autis ternyata bukan membuat ia berhenti dan jenuh. Tapi malah ia mengembangkan kelompok binaannya ke penyandang disabilitas lainnya. Seperti Anak tuna daksa, grahita dan Down Syndrom.

Rusman edi terus mengembangkan lokus disabilitasnya dengan konsep dan ide cemerlangnya seperti rutin mensosialisasikan penyandang Disabilitas di media RRI, media cetak dan media lain melalui konsep yang ia kembangkan.

Hari ini ada beberapa terobosan baru dari sang Penyuluh Award ini terhadap kebaikan bagi anak Disabilitas seperti Inisiator Lahirnya TPQ Khusus Autis di daerahnya, lahirnya Pondok Tahfizh Difabel berkordinasi dengan pihak IZI ( Inisiatif Zakat Indonesia) cabang Sumatera Barat, lahirnya Pondok Tahfiz Disabilitas di Daerahnya dan lain lainnya. Banyak hal positif yang telah di lakukan sang Penyuluh ini. Maka tak salah Penyuluh Inovatif di lekatkan padanya.

Sepertinya sudah komplit keunggulan penyuluh ini. Maka dalam ajang Pemilihan Penyuluh Award Nasional ini sudah patut Penyuluh Award Nasional di Anugrahkan padanya.  (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *